DISKUSI ILMIAH

strategi komunikasi perawat di ICU

 
 
Picture of 20120320008 Eka Wahyuningsih
strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320008 Eka Wahyuningsih - Friday, 20 March 2015, 8:20 PM
 

Nah mau tanya nih temen2, terkait komunikasi efektif perawat pada pasien yang sadar dengan pasien yang tidak sadar apakah ada perbedaan cara ? Dan seberapa efektif dalam proses penyembuhan pasien yang tidak sadar komunikasi itu ?

 
Picture of 20120320028 Alma Ananda Alieva Noor Wahyudina
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320028 Alma Ananda Alieva Noor Wahyudina - Friday, 20 March 2015, 8:29 PM
 

menurut saya, seharusnya komunikasi perawat dengan pasien yang sadar maupun tidak perinsipnya sama, yaitu kita berkomunikasi untuk menghargai pasien dan menunjang penyembuhan pasien :D

Picture of 20120320010 erik erpan
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320010 erik erpan - Friday, 20 March 2015, 8:34 PM
 

pasien yang tidak sadar apakah bisa untuk diajak komunkasi ??

Picture of 20120320010 erik erpan
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320010 erik erpan - Friday, 20 March 2015, 8:35 PM
 

kan gak bisa :D

Picture of 20120320083 Nurfazrin H. Akuba
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320083 Nurfazrin H. Akuba - Friday, 20 March 2015, 8:37 PM
 

erik, pasien pasti gk sendiri ada keluarga. Jdi komumikasinya lebih ke keluarga wkwk

Picture of 20120320010 erik erpan
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320010 erik erpan - Friday, 20 March 2015, 8:47 PM
 

ooh, okelah dis:D

Picture of 20120320181 Ilham Romadon
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320181 Ilham Romadon - Friday, 20 March 2015, 8:38 PM
 

iya memang tidak bisa diajak komunikasi seperti dgn keluarga,

tapi tidak menutup kemungkinan klien trsebut tetap bisa mendengar jadi tetap harus melakukan komunikasi untuk menghargai klien

 
 
 
Picture of 20120320142 Nurdina Wahyu Hidayati
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320142 Nurdina Wahyu Hidayati - Friday, 20 March 2015, 8:38 PM
 

menurut saya disinilah perawat menempatkan perannya sebagai fasilitator. ketika pasien yang ditangani terjadi penurunan kesadaran atau bahkan tidak sadar, tentunya libatkan keluarga didalam komunikasi terapeutik kita. pasien tetap memiliki hak yang sama dengan pasien yang sadar namun keterlibatan pendukung pemenuhan asuhan daily life pasien seperti keluarga atau orang terdekat.

Picture of 20120320044 Rizaluddin Akbar
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320044 Rizaluddin Akbar - Friday, 20 March 2015, 8:55 PM
 

banyak dikatakan teman2 di komentar mengenai komunikasi terapeutik yg digunakan oleh perawat ICU ,dan ditambahkan juga menurut potter and perry bahwa faktor yg mempengaruhinya adalah prespsi ,yaitu prespsi dari perawat itu sendiri mengenai pengalaman yg dialami perawat selama merawat pasien di ruang ICU ,jadi dari jurnal lain juga dikatakan kemampuan komunikasi pearawat dengan perawat yg lainya juga bisa dipengaruhi ole pengalaman yg di dapatkan perawat itu sendiri,jadi dari prespsi oleh perawat itu maka keluarga pasien bisa melihat bayangan yg sudah biasa terjadi

Picture of 20120320024 Dwi Amelia Nugraheni
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by 20120320024 Dwi Amelia Nugraheni - Saturday, 21 March 2015, 9:58 PM
 

Teman tapi pada kenyataannya komunikasi terapeutik hanya teori, sekarang aku lagi ngalamin mbah putri aku dia kondisinya udah ngga sadar waktu perawat mau masang infus dia ga pake komunikasi apapun,pdhl ini di rs vukup besar gimana menurut kalian dg perawt yg sperti itu trmksh

Picture of Siska Wulandari A 20120310016
Re: strategi komunikasi perawat di ICU
by Siska Wulandari A 20120310016 - Monday, 23 March 2015, 8:40 AM
 

gak semua rs gitu kok